Senin, 18 Oktober 2010

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen


Menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :

Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.

Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.

Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.

*REFERENSI : http://teddykw2.wordpress.com/2008/03/01/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen/

Kesimpulan yang dapat saya ambil dari blog ini adalah faktor-faktor dari pengaruh pembelian konsumen banyak di pengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. jadi keingina dan kebutuhan konsumen dipengaruhi oleh faktor tersebut.
Pendapat saya tentang blog ini adalah bagus dan dapat memudahkan saya untuk mengerti tentang pengaruh perilaku konsumen dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar